You are currently viewing Pengajian Online Isra’ Mi’raj 1443H/ 2022M MYP-High School: “Hikmah Perjalanan Isra’ Mi’raj”

Pengajian Online Isra’ Mi’raj 1443H/ 2022M MYP-High School: “Hikmah Perjalanan Isra’ Mi’raj”

Pengajian Online Isra’ Mi’raj 1443H/ 2022M MYP-High School: “Hikmah Perjalanan Isra’ Mi’raj”

(Oleh: Fatimah Nurul Sabrina)

Bekerjasama dengan OSIS MYP-High School Al Firdaus, Tim PAI MYP-High School Al Firdaus mengadakan pengajian dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj pada Jumat, 4 Maret 2022. Pengajian kali ini mengangkat tema “Jadikan Momen Isra’ Mi’raj untuk Menguatkan Kecintaan dan Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW” yang disampaikan oleh Ustad Hami Mujadid Irsyad.

Pengajian dimulai pada pukul 19.40 WIB dan dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting juga live streaming di saluran youtube MYP-High School Al Firdaus. Acara dipandu oleh Anysa Nayla dari kelas 9 selaku MC, dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Alya Chairunnisa dari kelas 8. Sekitar 118 peserta bergabung dalam Zoom Meeting pengajian ini. Mulai dari guru, murid, hingga orang tua wali murid. Acara berjalan dengan lancar hingga pukul 20.35 WIB.

Dalam materi pengajian, Ustadz Hami menceritakan tentang arti juga awal dari peristiwa Isra’ Mi’raj itu sendiri. Beliau mengatakan bahwa kata Isra’ sendiri berarti “berjalan di waktu malam”. Sedangkan Mi’raj berarti “naik ke langit ke tujuh”. Dipelajari dari Surah Al-Isra’, Isra’ Mi’raj merupakan perjalanan dari masjid ke masjid di waktu malam.

Hikmah dari peristiwa Isra’ Mi’raj sendiri adalah kita, manusia merupakan makhluk yang naif, yang maha bisa hanya Allah SWT. Peristiwa Isra’ Mi’raj adalah pengabdian kepada Allah SWT. Kita harus melaksanakan segala perintah-Nya terutama perintah untuk melaksanakan salat lima waktu. Dari peristiwa ini juga, Allah menunjukkan bahwa sebagai manusia jangan bergantung kepada manusia lain, karena satu-satunya tempat bergantung ialah Allah SWT.