You are currently viewing On the Job Training (OJT) Al Firdaus: Pelatihan Perdana Guru dan Tenaga Kependidikan Baru di Lingkungan Al Firdaus

On the Job Training (OJT) Al Firdaus: Pelatihan Perdana Guru dan Tenaga Kependidikan Baru di Lingkungan Al Firdaus

On the Job Training (OJT) Al Firdaus: Pelatihan Perdana bagi Guru dan Tenaga Kependidikan yang Baru bergabung di Lingkungan Al Firdaus

 

Hari ini, Sabtu, 24 September 2022, Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus (YLPAF) melalui Fataha Education and Training Center (ETC) kembali menyelenggarakan On the Job Training perdana setelah adanya pandemi covid. Kegiatan ini ditunjukan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan yang baru bergabung dari tahun 2020 sampai tahun 2022 di lingkungan Al Firdaus. Pada tahun-tahun sebelumnya OJT rutin digelar setiap tahun.


“Iya perdana setelah pandemi, biasanya rutin dilakukan setiap tahun, tapi tahun ini jauh lebih banyak karena ini diikuti guru-guru baru mulai dari tahun 2020 sampai 2022. Dari tahun 2020 samapi 2021 tidak ada OJT, tetapi tetap kita damping dari Unit, dari leader, dari head level disetiap kelasnya. Tetapi belum dijelaskan secara holistic tentang Al Firdaus.” Jelas Ibu Aris Suwastini Ariyanti, S.Si atau Ibu Yanti selaku Koordinator PYP dan juga salah satu Narasumber OJT.

Kegiatan ini dilaksanakan guna menginternalisasi nilai-nilai Kealfirdausan kepada seluruh tenaga kependidikan dan guru-guru baru. Rencananya kegiatan ini akan berlangsun sampai dengan 17 Oktober 2022. Pada kegiatan kali ini dilaksanakan di Assalaam Syariah Hotel mulai puku 07.30-15.30 WIB. Keseluruhan Peserta yang mengikuti ini kegiatan ini berjumlah 68 orang, terdiri dari guru dan tenaga kependidikan PYP dan MYP.

Lebih lanjut Ibu Yanti juga menjelaskan bahwa kegitan ini wajib diikuti guru-guru baru. “kegiatan rutin yang ditunjukan untuk guru-guru baru, jadi guru-guru baru di al Firdaus itu wajib tau bagaimana budaya kerja di Al firdus, asal-usul didirikannya Al Firdaus, nilai-nilai, sebagai landasan awal agar mereka nanti lebih tahu saya berkontribusi dimana,” terang Ibu Yanti.

Rangkaian kegiatan OJT tahun ini akan dibagi menjadi 3 tahap. Dimulai dengan penyampaian materi yang dilaksanakan hari ini dan 1 Oktober 2022, dilanjutkan dengan praktik lapangan dan mentoring pada tanggal 26 September 2022 hingga 21 oktober 2022 dan pada tahap terakhir diadakan Laporan hasil dan Evaluasi pada tanggal 22 Oktober 2022.

“Result dari kegiatan ini mereka akan bisa membuat laporan atau studi kasus gitu. Jadi selama sebulan nanti mereka berusaha menerapkan apa yang mereka dapakan dari penyampaian materil ini ke dalam praktek mereka bekerja sehari-hari. Nah nanti dari situ mereka berusaha meng-conect-kan dari yang didapatkan dan kenyataan saat menjalankan tugas sehari-hari. Lalu direfleksikan. Dan diakhir mereka harus mepresentasikan hasil itu,” terang Ibu Yanti.


Acara pada OJT kali ini pun disambut antusias oleh para guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti kegiatan. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu peserta. “Menambah wawasan, kalau saya di sini sudah bulan ke 8, tapi baru tahu seluk beluk Al Firdaus itu seperti ini, beda dari pandangan saya sebelumnya, meluruskan Persepsi tentang Al Firdaus,” tutur Nurul Sugiyanti, Guru Pendamiping Khusus (GPK) SD.

 

“Excited sih karna tadi bisa meluruskan persepsi saya selama bekerja di Al Firdaus , karna takutnya selama bekerja saya tidak sesuai SOP atau gimana, dengan adanya OJT ini jadi lebih tau harus bagaimana,” Sambung Nurul

 

Adapun tujuan dilaksanakan OJT di lingkungan Al Firdaus adalah memahami dan melaksanakan nilai-nilai keislaman dalam dunia kerja pendidikan. Mengenal dan memahami profil, budaya, dan lingkungan kerja di Al Firdaus. Memahami dan melaksanakan konsep pendidikan Al Firdaus sebagai sekolah Islam, sekolah internasional, dan sekolah inklusi. Menumbuhkan kreativitas, inovasi, komitmen, dan loyalitas terhadap pendidikan di Al Firdaus. Meningkatkan kinerja sumber daya manusia Al Firdaus. (Fani)