Pendidikan Inklusi

Pendidikan Inklusif
Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus

Seluruh unit pendidikan Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus menerapkan pendidikan inklusif dalam kegiatan pembelajaran dan non pembelajaran bagi para siswa. Berikut merupakan bentuk Program Layanan Pendidikan Inklusif di Al Firdaus:

  • Remidial

Pelayanan intervensi bagi ABK yang mengalami gangguan di bidang akademik

  • Konseling

Pelayanan bagi ABK yang membutuhkan pelayanan psikologis, meliputi konsultasi anak, konsultasi orangtua, dan assessment psikologi.

  • Okupasi Terapi

Pelayanan bagi ABK yang mengalami gangguan perkembangan, meliputi program motorik halus dan kasar, activity daily living (ADL) atau aktivitas keseharian, sensori integrasi, persepsi visual, dan latihan konsentrasi

  • Outing

Pembelajaran secara langsung ke sumber belajar di luar lingkungan sekolah

  • Life Skill

Pengembangan diri dengan tujuan memberikan kecakapan hidup mandiri pada anak

  • Program khusus

ABK yang membutuhkan pendampingan secara khusus akan didampingi Guru Pendamping Khusus sebagai shadow teacher dalam pembelajaran di dalam maupun luar kelas.

 

Al Firdaus telah meraih beberapa penghargaan pendidikan inklusif hingga tingkat nasional:

  1. SD Al Firdaus menjadi Sekolah Inklusi Percontohan Nasional dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2011)
  1. SD Al Firdaus menjadi Pusat Sumber Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta (2013)
  2. SD Al Firdaus menjadi Best Practise Inklusi dalam rangka Solo Kota Inklusi (2013)
  3. Anugerah Pendidikan Inklusif oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus, Hj. Eny Rahma Zaenah, S.E., M.M. (2012)
  4. Sekolah Menengah Al Firdaus menjadi satu-satunya penyelenggara pendidikan inklusif di tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
  5. TPP Al Firdaus menjadi pioneer PAUD dan TK inklusif di Kota Surakarta
  6. Fataha Education and Training Center mendapatkan kepercayaan dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus untuk melakukan Riset Implementasi Pendidikan Inklusif di beberapa kota di Indonesia (2014)