Primary Years Program

click to enlarge

Assessment

  1. Kind of Assessment
    a. Formative Assessment (Penilaian Formatif)
  • Penilaian formatif adalah penilaian dalam proses belajar dan memainkan bagian integral dalam siklus belajar mengajar untuk mencari tahu apa yang sudah diketahui dan dapat dilakukan oleh siswa.
  • Penilaian dirancang oleh guru untuk mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan menggunakan berbagai bukti untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan untuk membantu siswa mencapai potensi mereka.
  • Semua kegiatan penilaian harus didokumentasikan dalam catatan yang jelas dan akurat. Bukti penilaian formatif dalam persiapan untuk penilaian sumatif juga harus berhubungan dengan Subject Criteria.b. Summative Assessment
  • Tugas penilaian sumatif dirancang untuk memberikan informasi tentang apa yang dapat dilakukan, diketahui, dan dipahami siswa di akhir Unit Penyelidikan atau unit kerja yang berdiri sendiri dalam subjek apa pun.
  • Penilaian sumatif menginformasikan dan meningkatkan pembelajaran siswa dan proses pengajaran yang mengukur pemahaman ide sentral, dan mendorong siswa menuju tindakan.
  • Dalam MYP, penilaian sumatif diterbitkan oleh guru subjek yang dihormati dalam dua minggu sebelum tanggal penilaian dengan kriteria kelompok subjek MYP yang diperlukan.

 

  1. Peer – and self – assessment

Siswa diberi kesempatan secara reguler untuk menilai pekerjaan mereka sendiri dan satu sama lain, menekankan pentingnya refleksi dalam proses pembelajaran. Jika diperlukan, siswa juga dapat secara aktif terlibat dalam kriteria pengaturan untuk pekerjaan yang akan dinilai.

  1. Kriteria Penilaian dan Penjelasan Penilaian
    a. Penilaian dalam PYP menggunakan skema yang berbeda dan kriteria khusus tiap mata pelajaran.
    b. Kriteria dirancang dengan tepat untuk kelompok usia dan mencerminkan perkembangan siswa.
    c. Setiap kriteria penilaian memiliki kemungkinan pencapaian maksimum

 

  1. Ujian Nasional
    a. Al Firdaus World Class Islamic School juga terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dimana semua siswa kelas 6, kelas 9, dan kelas 12 terdaftar dalam Ujian Nasional sebagai penilaian standar.
    b. Ujian Nasional adalah salah satu alat untuk membantu sekolah dan guru merencanakan pembelajaran dan mengukur kemajuan yang dibuat.
    c. Guru menggunakan informasi ini dan cara lain untuk mengumpulkan data tentang pembelajaran anak-anak.

 

  1. Remidial & Pengayaan
    a. Pengayaan diberikan kepada siswa tertentu untuk subjek yang spesifik. Waktu yang ditentukan oleh guru.
    b. Kelas remidial memberikan kesempatan bagi siswa untuk bekerja dalam waktu belajar yang tenang yang diawasi oleh guru mata pelajaran.
    c. Kelas Pengayaan dan Remedial tersedia pada hari Sabtu, namun dapat dilakukan di hari lain tergantung pada ketersediaan guru.
    d. Guru dapat meminta siswa yang belum menyelesaikan pekerjaan atau siswa yang kinerjanya buruk untuk menghadiri kelas remedial.

 

  1. Reporting
    Kegiatan reporting yaitu kegiatan melaporkan perkembangan siswa kepada orang tua. Kegiatan ini berupa:
    a. Pertemuan
  • Tujuan dari kegiatan pertemuan adalah bertukar informasi antara guru, siswa dan orang tua.
  • Bentuk kegiatannya yaitu guru memberi umpan balik kepada siswa untuk meningkatkan apa yang sudah dicapai oleh siswa (konsultasi).
  • Tiga Pihak yang terlibat dalam kegiatan pertemuan yaitu siswa, orang tua, dan guru yang akan mengkaji kekuatan siswa dalam pemahaman.b. Laporan Tertulis
    Laporan tertulis dari kegiatan proses pembelajaran dan assessment.

 

  1. Konseling
    Konseling dilakukan oleh konselor. Fungsi konselor melekat pada homeroom teacher, yang dalam hal ini homeroom teacher langsung berinteraksi dengan siswa. Dalam melaksanakan tugas sebagai konselor, homeroom teacher didukung oleh psikolog.